Lumban Raja, Dessy Nathalya (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSON DI KELAS XI-AK2 SMK SWASTA RAKSANA 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114098 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
708114098 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
708114098 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
708114098 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
708114098 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
708114098 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
708114098 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
708114098 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
708114098 BAB I.pdf - Published Version
Download (601kB) | Preview
708114098 BAB V.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
708114098 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan strategi pembelajaran Peer Lesson di kelas XI-AK 2 SMK Swasta Raksana 2 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Raksana 2 Medan pada tahun ajaran 2012/2013 dengan subjek siswa kelas XI-AK 2 yang berjumlah 26 siswa . Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus , dimana tiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data tehnik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata pretes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah 39.85 dimana 19.23% siswa yang memenuhi standar ketuntasan belajar. Setelah diadakan siklus I skor rata-rata adalah 61.5 dengan 61.5 % telah mencapai standar ketuntasan belajar dan setelah diadakan tindakan pada suklus II nilai rata-rata yang diperoleh menjadi 79.04 dengan 84.6% siswa yang telah memenuhi standar ketuntasan belajar. Aktivitas juga menunjukkan keberhasilan. Hal ini terlihar dari siklus I terdapat 3 siswa (11.54%) siswa sangat aktif, 8 siswa (30.77%) siswa aktif, 11 siswa ( 42.31%) siswa cukup aktif, dan 4 siswa (15.38%) siswa kurang aktif sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 9 siswa (34.62%) siswa sangat aktif, 12 siswa (46.15 %) siswa aktif, 5 siswa ( 19.23%) siswa cukup aktif, dan 0 siswa (0%) siswa kurang aktif. Untuk melihat apakah ada hubungan aktivitas dan hasil belajar maka dilakukan uji korelasi dan dari hasil perhitungan diperoleh hubungan antara aktivitas (variabel X) dengan hasil belajar (variabel Y) dimana ᖨ_rxy = 0.786 dan r_tabel dengan n = 26 adalah 0.388 sehingga r_(hitung>r_tabel ) (0,786>0,388) yang berarti menunjukkan hubungan yang positif, artinya jika aktivitas tinggi maka hasil belajar juga akan tinggi sebesar 0.786. Dari hasil perhitungan uji-t hasil belajar diperoleh thitung = 4.59 dan ttabel=1,705. Dengan membandingkan thitung dan ttabel diperoleh thitung > ttabel yaitu 4.59 > 1.705 sehingga perbandingan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI-AK2 SMK Swasta Raksana 2 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 pada postest siklus I dengan postest siklus II adalah signifikan.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dengan strategi pembelajaran Peer Lesson dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI-AK 2 pada standar kompetensi menyajikan laporan harga pokok produk di SMK Swasta Raksana 2 Medan tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Lum u |
Keywords: | Aktivitas belajar; Penerapan model pembelajaran Jigsaw dengan strategi pembelajaran Peer Lesson |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 04:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12911 |