Lumban Gaol, Susi (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 POLLUNG HUMBANG HASUNDUTAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114274 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
708114274 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
708114274 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
708114274 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
0708114274 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
708114274 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
708114274 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
708114274 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
708114274 BAB I.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
708114274 BAB V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
708114274 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Akuntansi dengan menerapakan kolaborsi model pembelajaran Sowball Throwing dengan Student Facilitator And Explaining di SMA Negeri 1 Pollung Humbang Hasundutan T.A. 2011/2012.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pollung yang terletak di Jl. Pancur batu no. 3 Hutapaung Humbang hasundutan tahun ajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 yang berjumlah 35 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Snowball Throwing dan Student Facilitator And Explaining. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah test dan observasi. Test yang digunakan adalah essay test yang diambil dari buku paket siswa. Sedangkan, teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, paparan data, uji t dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh data aktivitas siswa pada siklus I sebesar 51,43 %. Hal ini terlihat dari 5 orang siswa atau 14,28 % dari 35 orang siswa yang tergolong sangat aktif dan 13 orang siswa atau 37,14 % yang tergolong aktif. Pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 85,71 % . Hal ini terlihat dari 16 orang siswa atau 45,71 % dari 35 orang siswa yang tergolong sangat aktif dan 14 orang siswa atau 40 % yang tergolong aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 34,28 %. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60 % atau 21 orang siswa yang tuntas dan pada siklus II menjadi 82,86 % atau 29 orang siswa yang tuntas. Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 22,86 %. Sementara hasil perhitungan uji t menunjukkan bahwa hasil belajar siklus I dan hasil belajar siklus II adalah signifikan. Dimana, ttabel > thitung yaitu 4,84 > 1,99. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Student Facilitator And Explaining pada kompetensi dasar menyusun laporan keuangan perusahaan jasa di kelas XI IPS 4 SMA N 1 Pollung Tahun Ajaran 2011/2012 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa kolaborasi Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Student Facilitator And Explaining dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Lum p |
Keywords: | Kolaborasi Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Student Facilitator And Explaining; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12905 |