Siburian, Sondang Marsita Lamtorang (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN QUIZ TEAM DENGAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 1 SMK PGRI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114263 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
708114263 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
708114263 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (0B)
708114263 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
708114263 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
708114263 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
708114263 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
708114263 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
708114263 Bab I.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
708114263 Bab V.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
708114263 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK 1 SMK PGRI 8 Medan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK 1 SMK PGRI 8 Medan melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Quiz Team dengan Course Review Horay. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI 8 Medan yang terletak di Jln. STM No. 12E Kp. Baru Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AK 1 yang berjumlah 35 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Quiz Team dengan Course Review Horay untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK 1 SMK PGRI 8 Medan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar dalam bentuk essay. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, aktivitas siswa dengan kriteria“tidak aktif” ada 4 siswa (11,43%), “kurang aktif” 9 siswa (25,71%), “cukup aktif” 8 siswa (22,86%), “aktif” 9 siswa (25,71%) dan “sangat aktif” 5 siswa (14,29%). Pada siklus II tidak ditemukan lagi siswa yang tidak aktif dan kurang aktif, aktivitas siswa dengan kriteria “cukup aktif” turun menjadi 6 siswa (17,14%), kriteria “aktif” naik menjadi 18 siswa (51,43%) serta kriteria “sangat aktif” meningkat menjadi 11 siswa (31,43%). Demikian juga dengan rata-rata hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat sebesar 11,38, yaitu dari 75,71 pada siklus I menjadi 87,09 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat sebesar 20%, yaitu dari 71,43% pada siklus I menjadi 91,43% pada siklus II. Hasil pengujian signifikan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yaitu (3,215 > 1,668). Dengan kata lain perbandingan hasil belajar siswa signifikan.Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran pembelajaran Quiz Team dengan Course Review Horay pada standar kompetensi menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan dagang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK 1 SMK PGRI 8 Medan tahun pembelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sib p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Kolaborasi Model Pembelajaran Quiz Team dengan Course Review Horay |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 20 Dec 2016 05:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12900 |