Prawuti, Welsi (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK DI SMK NEGERI 1 KISARAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310172 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
708310172 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
708310172 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
0708310172 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
0708310172 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
708310172 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
708310172 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
708310172 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
708310172 BAB I.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
708310172 BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
708310172 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa Kelas X AK di SMK Negeri 1 Kisaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK di SMK Negeri 1 Kisaran Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kisaran pada Tahun Ajaran 2011/2012 dengan jumlah populasi 74 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan total sampling yang terdiri dari kelas eksperimen 37 siswa dan kelas kontrol 37 siswa. Untuk mengukur hasil belajar digunakan essay tes sebanyak 5 soal akuntansi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dilakukan untuk mengetahui apakah hipotesis dapat diterima atau ditolak dengan menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dengan perlakuan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik dari hasil belajar siswa dengan perlakuan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan Aktivitas belajar pertemuan terakhir dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching memperoleh nilai rata-rata pretest 23,73 dengan standar deviasi 4,45 dan nilai rata-rata kelas kontrol 19,59 dengan standar deviasi 3,59. Sedangkan hasil belajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 34,59 dan postest sebesar 80,54 sedangkan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 40,54 dan postest sebesar 63,51. Hasil pengujian hipotesis untuk aktivitas belajar yang diperoleh thitung > t tabel yaitu 4,169 > 1,996 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dan Hasil pengujian hipotesis untuk hasil belajar yang diperoleh thitung > t tabel yaitu 6,996 > 1,996 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK di SMK Negeri 1 Kisaran Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Pra p |
Keywords: | Reciprocal Teaching; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 14 Dec 2016 05:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12896 |