PENERAPAN MODEL STAD DENGAN TEKNIK KELOMPOK BUZZ UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS3 DI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Perangin- angin, Silsa (2012) PENERAPAN MODEL STAD DENGAN TEKNIK KELOMPOK BUZZ UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS3 DI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 708114255 COVER.pdf]
Preview
Text
708114255 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 708114255 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
708114255 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 708114255 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
708114255 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 0708114255 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
0708114255 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 0708114255 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
0708114255 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 708114255 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
708114255 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 708114255 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
708114255 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 708114255 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
708114255 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 0708114255 BAB I.pdf]
Preview
Text
0708114255 BAB I.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 708114255 BAB V.pdf]
Preview
Text
708114255 BAB V.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 708114255 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
708114255 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar akuntansi siswa serta hubungannya dengan menerapkan model STAD dengan Teknik Kelompok Buzz di SMA Negeri 5 Medan T.A 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Medan yang terletak di Jl. Pelajar No. 17 Medan tahun ajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS3 yang berjumlah 41 orang dan objek penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 4 tahap, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket. Tes yang digunakan adalah essay test yang diambil dari buku paket dan Lembar Kerja siswa. Observasi minat belajar siswa dilakukan dengan menyebarkan angket kepada siswa sebagai teknik analisis data yang digunakan. Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan minat belajar siswa, dimana pada siklus I minat belajar siswa hanya rata-rata 60,76%, dan menjadi 77,73% pada siklus II. Dari hasil analisis tersebut, peningkatan minat sebesar 16,97%. Sedangkan dari hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 41 siswa hanya 19 orang (46,34%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 30 orang (73,17%) pada siklus II, berarti meningkat sebesar 26,83%. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai >70. Dan dari hasil uji korelasi antara minat (variabel x) dan hasil belajar (variabel y) diperoleh rxy=0,81 yang menunjukkan hubungan yang positif, artinya jika minat siswa tinggi maka hasil belajarnya juga akan tinggi.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi Model STAD dengan Teknik Kelompok Buzz pada materi pelajaran Jurnal Penyesuaian di kelas XI IS3 Tahun Ajaran 2011/2012 dapat meningkatkan minat dan hasil belajar akuntansis siswa. Hal ini berarti bahwa Model STAD dengan Teknik Kelompok Buzz dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 Per p
Keywords: Minat Belajar; Hasil Belajar; Model STAD; Teknik Kelompok Buzz
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 14 Dec 2016 04:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12895

Actions (login required)

View Item
View Item