Pratiwi, Dini Retno (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI) PADA SISWA KELAS XI AK DI SMK SWASTA PUTRA ANDA BINJAI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310033 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
708310033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
708310033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
708310033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
708310033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
708310033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
708310033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
708310033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
708310033 BAB I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
708310033 BAB V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
708310033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak SMK Putra Anda Binjai Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) di kelas XI Ak SMK Putra Anda Binjai Tahun Pelajaran 2012/2013Penelitian dilaksanakan di SMK Swasta Putra Anda Binjai pada semester ganjil pada tahun pelajaran 2012/2013 dengan subjek kelas XI AK berjumlah 40 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus trdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data dan penyajian data.Dari data hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I di peroleh 47,5% atau 19 orang untuk kriteria aktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 22,5% atau 9 orang untuk kriteria sangat aktif, 62,5% atau 25 orang untuk kriteria aktif. Selanjutnya dari nilai hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan nilai rata-rata 62,75. Data evaluasi dari postes siklus I dengan rata-rata nilai 69,12 atau terjadi peningkatan sebesar 6,37 poin. Sedangkan data evaluasi dari postes siklus ke II dengan rata-rata nilai 83,87 berarti ada peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 14,75 poin. Pada uji signifikan untuk aktivitas thitung > ttabel yaitu 2,38 > 1,99 dan untuk hasil belajar yaitu thitung > ttabel yaitu 8,24 > 1,99. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan signifikan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Intruction (PBI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada standar kompetensi mengelola dana kas kecil di SMK Putra Anda Binjai tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Pra u |
Keywords: | aktivitas belajar; hasil belajar; model Problem Based Intruction |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12890 |