Yarneli (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310176 COVER.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
708310176 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
708310176 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
708310176 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
708310176 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
708310176 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
708310176 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
708310176 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
708310176 BAB I.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
708310176 BAB V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
708310176 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar akuntansi siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri Pantai Cermin Tahun Pembelajaran 2012/2013 yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII SMK Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Pembelajarn 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pantai Cermin Kebupaten Serdang Bedagai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Pantai cermin Tahun Pembelajaran 2012/2013 yang berjumlah 65 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah tehnik random sampling dimana sampel terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 20 orang dan dari kelas kontrol sebanyak 20 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar akuntansi berbentuk essay tes sebanyak 5 soal yang dikutip dari buku paket akuntansi sehingga soal dianggap baku. Tehnik analisa data yang digunakan yaitu menggunakan rata-rata dan standar deviasi, uji normalitas, uji homoganitas dan uji hipotesis. Dari data tes hasil belajar menunjukkan rata-rata tes kelas eksperimen yang menggunakan pretes 39,3 dan standar deviasi 9,54 sedangkan pada postes diperoleh rata-rata 83,3 dan standar deviasi 8,06. Untuk rata-rata pretes pada kelas kontrol diperoleh 41,45 dengan standar deviasi 9,71, sedangkan pada postes diperoleh rata-rata 70 dengan standar deviasi 10,91. Sedangkan uji normalitas data pada kelas eksperimen yang menggunakan pretes berdistribusi normal yaitu 0,1764 < 0,190 dan postes berdistribusi normal yaitu 0.1091 < 0,190 dan pada kelas kontrol yang menggunakan pretes berdistribusi normal yaitu 0,1840 < 0,190 dan postes berdistribusi normal karena 0,1212 < 0,190. Hasil uji homogenitas nilai pretes diperoleh Fhitung < Ftabel (1,036 < 2,31) pada taraf signifikan 5% (α = 0,05). Dan uji homogenitas nilai postes diperoleh Fhitung < Ftabel (1,828 < 2,31) sehingga dapat disimpulkan varians sampel yang menggunakan pretes dan postes mempunyai varians yang sama. Sedangkan uji hipotesis dengan postes thitung > ttabel (4,33 > 2,024) dan dk = 38. Dengan demikian Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII SMK Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Yar p |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif tipe teams games tournament(TGT); Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12889 |