Nurjanah, Siti (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK SWASTA SINAR HUSNI MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310148 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
708310148 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
708310148 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
708310148 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
708310148 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
708310148 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
708310148 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
708310148 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
708310148 BAB I.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
708310148 BAB V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
708310148 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Swasta Sinar Husni Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa serta hubungan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Problem Posing dengan Numbered Head Together di kelas XI SMK Swasta Sinar Husni Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Sinar Husni Medan yang beralamat di jalan Veteran Gg. Utama Psr. V Helvetia, Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Ak yang berjumlah 40 orang siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Posing dengan Numbered Head Together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 42,5% yang termasuk dalam kriteria Aktif. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 92,5% yang termasuk dalam kriteria Aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data pre test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 58,87 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 66,75 atau terjadi peningkatan sekitar 7,88 poin. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 77,87 atau mengalami peningkatan 11,12 poin dari siklus I. Dari data hasil uji korelasi antara aktivitas (variabel x) dan hasil belajar (variabel y) diperoleh rxy = 0,805 yang menunjukkan hubungan positif, artinya jika aktivitas siswa tinggi maka hasil belajarnya juga akan tinggi.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Posing dengan Numbered Head Together pada Standar Kompetensi Mengelola Kartu Aktiva Tetap dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas XI Akuntansi di SMK Swasta Sinar Husni Medan Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Nur p |
Keywords: | Kolaborasi model pembelajaran Problem Posing dengan Numbered Head Together; Aktivitas dan Hasil belajar Akuntansi Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 06:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12887 |