Sulastri, Wiji (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK POLA TUTORIAL SEBAYA DENGAN LATIHAN TERSEBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK 1 SMK SWASTA YPK MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310174 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
708310174 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
708310174 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
708310174 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
708310174 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
708310174 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
708310174 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
708310174 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
708310174 BAB I.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
708310174 BAB V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
708310174 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK 1 pada standar kompetensi mengelola administrasi kas kecil di SMK Swasta YPK Medan dengan Penerapan Model Pembelajaran Kelompok Pola Tutorial Sebaya dengan Latihan Tersebar.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta YPK Medan, yang berlokasi di Jl.Sakti Lubis No.8 Medan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI AK 1 yang berjumlah 37 siswa. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Kelompok Pola Tutorial Sebaya dengan Latihan Tersebar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah menggunakan tes hasil belajar dan observasi aktivitas siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan berdasarkan reduksi dan penyajian data.Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelulusan secara klasikal adalah 67,16% dengan persentase 62,16% (23 siswa). Pada siklus II nilai rata-rata kelulusan secara klasikal adalah 77,29% dengan persentase 81,08% (30 siswa), menunjukkan terjadi peningkatan kelulusan secara klasikal sebesar 18,92%. Hasil rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 20,21% sedangkan pada siklus II sebesar 24,59% menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 4,38%. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kelompol Pola Tutorial Sebaya dengan Latihan Tersebar dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK 1 pada Standar Kompetensi Mengelola Administrasi Dana Kas Kecil di SMK Swasta YPK Medan Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sul p |
Keywords: | Model Pembelajaran Kelompok Pola Tutorial Sebaya; Model Pembelajaran Latihan Tersebar; Aktivitas Siswa; Hasil Belajar Akuntansi Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 06:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12884 |