Seliwati (2015) HUBUNGAN KETERAMPILAN PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341105 COVER.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
7103341105 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
7103341105 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
7103341105 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
7103341105 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
7103341105 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7103341105 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103341105 BAB I.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
7103341105 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7103341105 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan keterampilan pemberian penguatan (reinforcement) dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan tahun ajaran 2014/2015.Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan yang berjumlah 310 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 20% dari setiap kelas yaitu 60 orang yang diambil secara Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumen.Teknik analisa data yang digunakan untuk mengetahui adanya hubungan variabel X dengan variabel Y adalah Statistik Korelasi Product Moment, dari perhitungan tersebut diperoleh hasil rxy = 0,406 yang berarti hubungan antara keterampilan pemberian penguatan (reinforcement) dengan prestasi belajar siswa dikategorikan Sedang.Selanjutnya untuk menguji hipotesis menggunakan uji “t” sehingga diperoleh t hitung sebesar 3,92 sedangkan t tabel pada taraf signifikan 95% atau alpha 5% dengannilai ttabel = 1,67, berarti thitung > ttabel (3,92 > 1,67) maka hipotesis mengatakan “ Ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan pemberian penguatan(reinforcement) dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan tahun ajaran 2014/2015” dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.42 071 2 Sel h |
Keywords: | Keterampilan; Pemberian Penguatan; Prestasi Belajar; Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 08:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12883 |