Syafitri, Nurul (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DI KELAS XI IS 2 SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.A 2011/ 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310119 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
708310119 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
708310119 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
708310119 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
708310119 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
708310119 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
708310119 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
708310119 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
708310119 BAB I.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
708310119 BAB V.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
708310119 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS 2 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing dengan Teams Games Tournament (TGT) di kelas XI IS 2 SMA N 1 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Tanjung Morawa yang beralamat di Jl. Batang Kuis Pasar VIII Tanjung Morawa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS 2 SMA N 1 Tanjung Morawa yang berjumlah 40 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Posing dengan Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 45% yang termasuk dalam kriteria Cukup Aktif. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas naik menjadi 85% yang termasuk dalam kriteria Aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 58,63 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 65,9 atau terjadi peningkatan sekitar 7,27 poin. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 73,4 atau mengalami peningkatan 7,5 poin dari siklus I. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Posing dengan Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas XI IS 2 SMA N 1 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2011/2012
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sya p |
Keywords: | Model Pembelajran Problem Posing; Teams Games Tournament Aktivitas Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12871 |