Diana, Elbi (2016) PERBEDAAN HASILBELAJARMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DENGANMODEL POGIL BERBANTUANLEMBARKERJASISWA (LKS) DI KELAS XI MAN I MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4111131005 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2 NIM 4111131005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
3 NIM 4111131005 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4 NIM 4111131005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5 NIM 4103131026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
5a NIM 4111131005 Persembahan.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
6 NIM 4111131005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7 NIM 4111131005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8 NIM 4111131005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9 NIM 4111131005 BAB I.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13 NIM 4111131005 BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14 NIM 4111131005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil
belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif Group Investigation (GI) dibandingkan dengan siswa yang
dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif POGIL pada pokok bahasan
Hidrolisis Garam. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI MAN 1 Medan
T.A. 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
MAN 1 Medan yang terdiri dari 8 (delapan) kelas. Sampel ditetapkan dengan
cluster random sampling yakni mengambil 2 kelas yang dijadikan kelas
eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Pengambilan
data untuk hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang
menggunakan instrumen yang valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0,867). Hasil
penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan
dibelajarkan dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) dibandingkan
dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran POGIL. Peningkatan
hasil belajar siswa pada kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran
kooperatif Group Investigation (GI) sebesar 77,38 % dan peningkatan hasil
belajar siswa pada kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran POGIL
sebesar 82,28 %. Maka, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan
terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran
kooperatif Group Investigation (GI) dan Model POGIL.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 013 |
Keywords: | Hasil Belajar; Group Investigation; Model Pembelajaran POGIL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Aug 2016 07:26 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12741 |