Surtiani (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERBAUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123111082 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. NIM 4123111082 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM 4123111082 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. NIM 4123111082 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM 4123111082 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. NIM 4123111082 TABLES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7. NIM 4123111082 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
8. NIM 4123111082 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
9. NIM 4123111082 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
13. NIM 4123111082 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
14. NIM 4123111082 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action
research). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pemahaman konsep
matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi
persamaan kuadrat di kelas VIII SMP Negeri 3 Perbaungan Tahun Ajaran
2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 3
Perbaungan dengan jumlah siswa 38 orang dan objek dalam penelitian ini adalah
meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi persamaan kuadrat di kelas VIII-
6 SMP Negeri 3 Perbaungan tahun ajaran 2015/2016.
Instrumen penelitian ini terdiri dari tes, wawancara dan observasi. Tes
digunakan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa, wawancara dilakukan
untuk mengetahui masalah pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 3 Perbaungan
khususnya materi persamaan kuadrat dan memperoleh data tentang kesulitankesulitan
yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan
sebagai bahan refleksi dalam menentukan tindakan pada siklus II yang dilakukan
setelah hasil tes pada siklus I diperiksa dan observasi digunakan untuk
mengetahui proses kegiatan siswa selama pembelajaran.
Penelitian ini dibagi atas 2 siklus. Setiap pertemuan dilaksanakan
observasi dengan memperhatikan observasi pembelajaran dan diakhir dari siklus
diberikan tes pemahaman konsep matematika siswa. Hasil observasi proses
pembelajaran berlangsung dengan baik yaitu dari hasil observasi di siklus I ratarata
mencapai 2,7dengan kategori baik dan mengalami peningkatan di siklus II
rata-rata mencapai 3,6 dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil analisis tes
pemahaman konsep yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar siswa (≥
70) secara klasikal masih belum tercapai karena hanya 27 siswa (71,05%) yang
tuntas dengan nilai rata-rata kelas 74,16. Setelah pelaksanaan tindakan siklus II,
hasil belajar siswa (≥ 70) secara klasikal telah tercapai yaitu 33 siswa (86,84%)
yang tuntas dengan nilai rata-rata 85,66. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa
besar peningkatan pemahaman konsep siswa dari siklus I ke siklus II adalah
15,79%. Karena hasil tes pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan dan
ketuntasan belajar klasikal telah tercapai dan terjadi peningkatan nilai rata-rata
dari siklus I ke siklus II maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan
pemahaman konsep siswa sehingga pelaksanaan tindakan diakhiri. Dengan
demikian, model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan
pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Perbaungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 096 |
Keywords: | Pembelajaran Matematika; Persamaan Kuadrat; STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 08:18 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12704 |