Rahmadani, Nurlia (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.PDF - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. APPROVAL SHEET.PDF - Published Version
Download (164kB) | Preview
3. CURRICULLUM VITAE.PDF - Published Version
Download (31kB) | Preview
4. ABSTRACT.PDF - Published Version
Download (34kB) | Preview
5. PREFACE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. TABLE OF CONTENT.PDF - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. ILLUSTRATION.PDF - Published Version
Download (189kB) | Preview
8. TABLES.PDF - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. APPENDICES.PDF - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. CHAPTER I.PDF - Published Version
Download (443kB) | Preview
14. CHAPTER V.PDF - Published Version
Download (111kB) | Preview
15. BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan
menggunakan model pembelajaran inquiry training lebih tinggi daripada
pembelajaran konvensional pada materi Fluida Statis di kelas XI Semester II di
SMA Negeri 11 Medan T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI Semester genap SMA Negeri 11 Medan yang terdiri
dari lima kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XI-IPA 3
(sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI-IPA 5 (sebagai kelas kontrol) yang
masing-masing berjumlah 39 dan 41 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster
Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas
eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan
pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan
tes essai, jumlah soal 10 item yang telah divalidkan oleh validator.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah
30,5 dan kelas kontrol adalah 34,4, setelah pembelajaran selesai diberikan postes
dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 63,8 dan kelas kontrol 47,0. Dari hasil uji
t diperoleh thitung = 9,65 sedangkan ttabel = 1,99. Karena thitung > ttabel (9,65 >1,99)
maka Ho ditolak. Melalui uji t tersebut diperoleh hasil signifikan bahwa hasil
belajar menggunakan model pembelajaran inquiry training lebih tinggi
dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 070 |
Keywords: | Quasi Eksperimen; Pembelajaran Inquiry Training; Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC221 Acoustics. Sound |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 07:04 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 07:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12696 |