Puspita, Jenni (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBEREDHEAD TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU, KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 SIANTAR T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 4123121026 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
02. NIM 4123121026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
03. NIM 4123121026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
04. NIM 4123121026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
05. NIM 4123121026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
06. NIM 4123121026 TABLES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
07. NIM 4123121026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
08. NIM 4123121026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
09. NIM 4123121026 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
13. NIM 4123121026 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
14. NIM 4123121026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) menggunakan media kartu soal terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu, kalor dan perpindahan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Siantar T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain two group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara class random sampling dan diambil dua kelas dari lima kelas yaitu kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 15 soal yang sudah divalidasi dan lembar observasi aktivitas siswa. Uji hipotesis menggunakan uji t.
Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen = 49,50 dengan SD = 10,66, dan nilai rata-rata kelas kontrol = 49,16 dengan SD = 9,27.Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1387 dan Ltabel = 0,1401, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1297, dan Ltabel = 0,1401, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,323 dan Ftabel = 1,705 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil analisis data dari uji beda menggunakan uji t dua pihak diperoleh thitung = -0.147 < ttabel = 1,994, Ho diterima berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 72,83 dengan SD = 9,59 dan kelas kontrol = 66,33 dengan SD = 8,79. Hasil uji t satu pihak diperoleh thitung = 3,153 dan ttabel = 1,667 sehingga thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil observasi aktivitas siswa diketahui rata-rata aktivitas belajar siswa pada pertemuan I adalah 60,67%, pertemuan II adalah 69,33%, dan pertemuan III adalah 74,83%. Dari hasil uji t terdapat pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) menggunakan media kartu soal terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu, kalor, dan perpindahan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Siantar T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 075 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together; Media Kartu Soal; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 06:53 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 06:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12695 |