Nasution, Sobar Novtri Harry (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 3 TEBING TINGGIT.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123321049 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM 4123321049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
3. NIM. 4123321049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 4123321049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM. 4123321049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
6. NIM. 4123321049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 4123321049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 4123321049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 4123321049 BAB I.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
13. NIM 4123321049 BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM. 4123321049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) menggunakan macromedia flash pada materi Suhu dan Kalor di SMA Negeri 3 Tebing Tinggi.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Two Group Pretes-Postes Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 3 Tebing Tinggi yang terdiri dari 10 kelas.Pengambilan sampel Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas X-9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-8 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berjumlah 20 soal dalam bentuk pilihan berganda dan lembar observasi sikap. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf α = 0,05.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 35,43 dengan SD= 10,17 dan kelas kontrol yaitu 34,86 dengan SD= 10,25. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,02 dan Ftabel = 1,76 sehingga F hitung< Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil analisis data dari uji t dua pihak diperoleh thitung = 0,228 < ttabel = 1,997, sehingga Ho diterima berarti kedua kelas sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 71,57 dengan SD= 9,68 dan kelas kontrol = 65,86 dengan SD= 12,04. Hasil analisis uji t satu pihak diperoleh thitung = 2,092 dan ttabel = 1,669, sehingga thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil pengamatan Aktifitas siswa diperoleh peningkatan. Pada pertemuan I diperoleh rata-rata 54,42% naik di pertemuan II menjadi 65,58% pada pertemuan III naik menjadi 80,41% dan pada pertemuan IV naik menjadi rata-rata 84,45% hasil uji terdapat pengaruh signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) menggunakan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X semester II di SMA Negeri 3 Tebing Tinggi T.P. 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 064 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Aktivitas Belajar; Macromedia Flash |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 06:35 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 06:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12692 |