Sirait, Nurhalimah (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA FREE METHODIST MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4121121020 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 4121121020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
3. NIM. 4121121020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
3. NIM. 4121121020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4. NIM. 4121121020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
5. NIM. 4121121020 TABLE OF CONTENT (1).pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6. NIM. 4121121020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
7. NIM. 4121121020 TABLE.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
8. NIM. 4121121020 APPENDDICES.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
9. NIM. 4121121020 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
13. NIM. 4121121020 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
14. NIM. 4121121020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar Fisika kelas X Semester II pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X SMA Swasta Free Methodist Medan T.P 2015/2016.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X1 dan kelas X2 yang masing-masing berjumlah 40 dan 40 orang yang ditentukan dengan cara Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar yakni pilihan berganda dengan jumlah 15 item dengan lima option jawaban yang telah divalidasi dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas. Peneliti menggunakan uji t dua pihak untuk mengetahui kesamaan kemampuan awal siswa pada kedua kelompok sampel. Pengujian ini dilakukan pada saat pengumpulan data tes awal (pretes). Peneliti mengunakan uji hipotesis satu pihak untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menerapkan model inkuiri terbimbing memiliki perbedaan dengan hasil belajar penerapan pembelajaran konvensional, pada materi pokok suhu dan kalor. Pengujian ini dilakukan pada saat pengumpulan data tes akhir (postes).
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 71,71 dan kelas kontrol 61,33. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data menggunakan uji hipotesis uji t satu pihak diperoleh bahwa ada perbedaan hasil belajar akibat pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Swasta Free Methodist Medan T.P. 2015/2016 dan nilai rata-rata persentase aktivitas pada kelas eksperimen pada pertemuan I, II, III, dan IV, mengalami peningkatan sehingga diperoleh nilai rata-rata aktivitas siswa di kelas eksperimen yaitu 72,15.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 081 |
Keywords: | Model Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 05:26 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 05:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12688 |