PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P. 2015/2016

Sinaga, Veronicawaty (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. 4122121022 COVER.pdf]
Preview
Text
01. 4122121022 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 02. 4122121022 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. 4122121022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 03. 4122121022 ABSTRAC ID.pdf]
Preview
Text
03. 4122121022 ABSTRAC ID.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 04. 4122121022 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. 4122121022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 05. 4122121022 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. 4122121022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 06. 4122121022 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
06. 4122121022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 07. 4122121022 TABLES.pdf]
Preview
Text
07. 4122121022 TABLES.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 08. 4122121022 APPENDICS.pdf]
Preview
Text
08. 4122121022 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 09. 4122121022 CHAPTER  I.pdf]
Preview
Text
09. 4122121022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 13.4122121022 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.4122121022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 14. 4122121022 BIBLOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 4122121022 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap Keterampilan Proses Sains siswa pada materi Pokok Suhu dan Kalor Kelas X Semester II Di SMA Negeri 1 Sunggal T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 1 Sunggal yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 240 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari populasi secara acak yaitu kelas X MIA -6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan kelas X MIA-4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar Keterampilan Proses Sains dalam bentuk uraian dengan jumlah 9 soal yang telah divalidasi dan lembar observasi Keterampilan Proses Sains yang dianalisis secara deskriptif dan diamati oleh lima observer. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes dan postes untuk kelas eksperimen adalah 49,0 dan 75,3 sedangkan nilai rata-rata pretes dan postes untuk kelas kontrol adalah 48,0 dan 67,0. Dari hasil observasi aktivitas belajar siswa dari pertemuan I sampai pertemuan III, Aktivitas belajar siswa selama menggunakan model pembelajaran inquiry training mengalami peningkatan, pada pertemuan I 47,3% (Kurang baik), pertemuan II 57,4% ( Cukup Baik) dan pada pertemuan III 78,4% (Baik). Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Sunggal T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 086
Keywords: Inquiry Training; Keterampilan Proses Sains; Quasi Eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:43
Last Modified: 15 Aug 2016 04:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12683

Actions (login required)

View Item
View Item