Sinaga, Veronicawaty (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 4122121022 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
02. 4122121022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
03. 4122121022 ABSTRAC ID.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
04. 4122121022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
05. 4122121022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
06. 4122121022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07. 4122121022 TABLES.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
08. 4122121022 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
09. 4122121022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
13.4122121022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
14. 4122121022 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap Keterampilan Proses Sains siswa pada materi Pokok Suhu dan Kalor Kelas X Semester II Di SMA Negeri 1 Sunggal T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 1 Sunggal yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 240 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari populasi secara acak yaitu kelas X MIA -6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan kelas X MIA-4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar Keterampilan Proses Sains dalam bentuk uraian dengan jumlah 9 soal yang telah divalidasi dan lembar observasi Keterampilan Proses Sains yang dianalisis secara deskriptif dan diamati oleh lima observer. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes dan postes untuk kelas eksperimen adalah 49,0 dan 75,3 sedangkan nilai rata-rata pretes dan postes untuk kelas kontrol adalah 48,0 dan 67,0. Dari hasil observasi aktivitas belajar siswa dari pertemuan I sampai pertemuan III, Aktivitas belajar siswa selama menggunakan model pembelajaran inquiry training mengalami peningkatan, pada pertemuan I 47,3% (Kurang baik), pertemuan II 57,4% ( Cukup Baik) dan pada pertemuan III 78,4% (Baik). Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Sunggal T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 086 |
Keywords: | Inquiry Training; Keterampilan Proses Sains; Quasi Eksperimen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 04:43 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12683 |