PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 15 MEDAN T.P. 2015/2016

Hia, Faldo Renata (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 15 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM. 4123121018 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM. 4123121018 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM. 4123121018 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM. 4123121018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM. 4123121018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM. 4123121018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM. 4113121054 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM. 4113121054 PREFACE.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM. 4123121018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM. 4123121018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM. 4123121018 TABLES.pdf]
Preview
Text
06. NIM. 4123121018 TABLES.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM. 4123121018 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07. NIM. 4123121018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM. 4123121018 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08. NIM. 4123121018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM. 4123121018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM. 4123121018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4123121018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4123121018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4123121018 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4123121018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui perbedaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 15 Medan T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan two group pretes-posttest design. Populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan terdiri dari 10 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu kelas X-7 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 siswa dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 39 siswa. Dalam penelitian ini dilakukan 5 pertemuan, dimana pertemuan pertama melakukan pretes, pada pertemuan kedua, ketiga, keempat penyampaian materi, dan pertemuan kelima dilakukan postes. Dari data yang didapat dan dianalisis maka didapat nilai postes dan diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 66,11 dan pada kelas kontrol 62,46. Sehingga didapat hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah tuntas secara individu 14 orang (36%), secara kelas tidak tuntas. Hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan pembelajaran konvensional tuntas secara perorangan yang berjumlah 8 orang (20%), secara kelas tidak tuntas. Instrumen observasi siswa dinilai dengan aktivitas siswa dan dilengkapi dengan lembar pedoman penilaian yang dilakukan oleh observer.. Aktivitas siswa selama pembelajaran pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yaitu rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan I sebesar 64,03, pada pertemuan II sebesar 71,23, dan pada pertemuan III meningkat menjadi 79,30 sehingga diperoleh rata-rata aktivitas siswa sebesar 71,52.
Dari hasil uji t diperoleh thitung = 1,750 sedangkan ttabel = 1,668 sehingga thitung>ttabel (1,750 > 1,668) maka hipotesis (Ha) diterima yang berarti ada perbedaan dari kelas eksperimen dengan kelas kontrol terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 082
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah; Hasil Belajar; Aktivitas Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:13
Last Modified: 15 Aug 2016 04:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12680

Actions (login required)

View Item
View Item