Hia, Faldo Renata (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 15 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 4123121018 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
02. NIM. 4123121018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
03. NIM. 4123121018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
04. NIM. 4113121054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
05. NIM. 4123121018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
06. NIM. 4123121018 TABLES.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
07. NIM. 4123121018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
08. NIM. 4123121018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
09. NIM. 4123121018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
13. NIM. 4123121018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 4123121018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui perbedaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 15 Medan T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan two group pretes-posttest design. Populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan terdiri dari 10 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu kelas X-7 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 siswa dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 39 siswa. Dalam penelitian ini dilakukan 5 pertemuan, dimana pertemuan pertama melakukan pretes, pada pertemuan kedua, ketiga, keempat penyampaian materi, dan pertemuan kelima dilakukan postes. Dari data yang didapat dan dianalisis maka didapat nilai postes dan diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 66,11 dan pada kelas kontrol 62,46. Sehingga didapat hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah tuntas secara individu 14 orang (36%), secara kelas tidak tuntas. Hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan pembelajaran konvensional tuntas secara perorangan yang berjumlah 8 orang (20%), secara kelas tidak tuntas. Instrumen observasi siswa dinilai dengan aktivitas siswa dan dilengkapi dengan lembar pedoman penilaian yang dilakukan oleh observer.. Aktivitas siswa selama pembelajaran pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yaitu rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan I sebesar 64,03, pada pertemuan II sebesar 71,23, dan pada pertemuan III meningkat menjadi 79,30 sehingga diperoleh rata-rata aktivitas siswa sebesar 71,52.
Dari hasil uji t diperoleh thitung = 1,750 sedangkan ttabel = 1,668 sehingga thitung>ttabel (1,750 > 1,668) maka hipotesis (Ha) diterima yang berarti ada perbedaan dari kelas eksperimen dengan kelas kontrol terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 082 |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah; Hasil Belajar; Aktivitas Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 04:13 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12680 |