Fajrianti, Ferawati (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 6 BINJAI T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 4121121013 Cover.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
02. Nim 4121121013 Pengesahan & Daftar Riwayat.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
03. Nim 4121121013 Abstrak.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
04.Nim 4121121013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
05. Nim 4121121013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
06. Nim 4121121013 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
07.Nim 4121121013 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
08.Nim 4121121013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
09. Nim 4121121013 BAB I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
13. Nim 4121121013 BAB V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
14 NIM.4121121013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dan adversity quotient terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis di kelas XI Semester II SMA Negeri 6 Binjai T.P.2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester II SMA Negeri 6 Binjai yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak yaitu kelas XI-IPA1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 45 orang dan kelas XI-IPA3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 45 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu: 1) Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator , 2) Lembar observasi adversity qoutient yang terdiri atas 20 soal yang telah dinyatakan valid dan 3) Lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji ANAVA Dua Jalur 2X2. Data penelitian menunjukkan, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 52,66 dan nilai rata-rata kelas kontrol 53, Pada desain penelitian ini digunakan pembagian adversity qoutient tinggi dan adversity qoutient rendah. Hasil uji hipotesis mengunakan ANAVA dengan SPSS 16.0 diperoleh pada pengunaan model inkuiri terbimbing dan model konvensional diperoleh taraf signifikan 0,000 maka hipotesis diterima dimana model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) memiliki hasil yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional dengan rata-rata 84,88 di kelas eksperimen dan pada kela kontrol dengan rata-rata 73,11, pada adversity qoutient diperoleh taraf signifikan 0,00 hipotesis diterima dan pada hubungan antara model dengan advesity qoutient diperoleh taraf signifikan 0,700 sehinga 0,700>0,05 jadi dapat dikatakan tidak ada hubungan antara model dengan adversity quotient. Jadi dapat dikatakan siswa yang memiliki adversity qoutient tinggi akan menghasilkan hasil yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 095 |
Keywords: | Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (guided inquiry); Hasil Belajar; Adversity qoutient, |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 04:08 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12679 |