Saragi, Zulviana Oktari (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II DI SMAN 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123121089 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4123121089 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
3. NIM 4123121089 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM 4123121089 PREFACE.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
5. NIM 4123121089 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 4123121089 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 4123121089 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 4123121089 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM 4123121089 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
13. NIM 4123121089 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. NIM 4123121089 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2015/2016.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain two group Pretes dan Postes, Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2015/2016. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 37 siswa dan 38 siswa, Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 soal yang telah divalidkan oleh validator, observasi sikap, dan keterampilan siswa.
Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) diperoleh rata-rata pretes 34,95 dan rata-rata postes 74,73. Kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata pretes 34,71 dan rata-rata postes 66,66. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji t postes diperoleh thitung > ttabel (2,650 > 2,00). Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada materi pokok suhu dan kalor kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 080 |
Keywords: | Quasi Eksperimen; cluster random sampling; ModelKooperatif; Group Investigation; Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 03:41 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12674 |