Sinaga, Dortia Melva Epryza (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 13 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113121014 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4113121014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
4113121014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4113121014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4113121014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4113121014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4113121014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4113121014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4113121014 BAB I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4113121014 BAB V.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4113121014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X SMA Negeri 13 Medan T.P 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 13 Medan T.P 2014/2015 yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang dan kelas X-MIA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk essay test dengan jumlah 10 soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 36,7 dan nilai rata-rata kelas kontrol 35,1. Hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh thitung < ttabel maka Ho diterima , hal ini menunjukkan kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berdasarkan masalah dan kelas kontrol dengan model konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 48,1 dan kelas kontrol 42,1. Hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh thitung > ttabel maka Ha diterima, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 13 Medan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 200 |
Keywords: | Model pembelajaran Berdasarkan Masalah; Hasil Belajar; Listrik Dinamis |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12665 |