Bahrani (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TEORI KINETIK GAS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 15 MEDAN TP 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111121004 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4111121004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4111121004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4111121004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4111121004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4111121004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4111121004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4111121004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4111121004 BAB I.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
4111121004 BAB V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4111121004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarandiscovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok teori kinetik gas di kelasXI semester IISMA Negeri 15 Medan T.P 2014/2015.Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasipenelitian ini adalah semua siswa kelas XI semester II SMA Negeri 15 MedanT.P. 2014/2015. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster randomsampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan modelpembelajaran Discovery Learning, dan kelas kontrol diterapkan pembelajarankonvensional yaitu model pembelajaran langsung, masing-masing kelas sebanyak33 siswa, Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupaessay tes sebanyak 12 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembarobservasi yang dilakukan oleh dua observer.Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar denganmenggunakan model pembelajaran Discovery Learning diperoleh rata-rata pretes24 dengan standar deviasi 7,7 dan nilai rata-rata postes 87 dengan standar deviasi3,4. Pada uji t pretes diperoleh nilai pretes thitung < ttabel yaitu 0,595 < 2,0013 makaH0 diterima maka kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengankemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Kelas kontrol yang diajar denganmenggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata Pretes 23 danstandard deviasi 5,8 sedangkan rata-rata Postes 80 dengan standard deviasi 3,4.Selama proses pembelajaran, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelaseksperimen adalah 83 termasuk dalam kriteria aktif. Kedua kelas berdistribusinormal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji thitung adalah 8,009sedangkan ttabel adalah 2,0013 (8,009 > 2,0013). Sehingga diperoleh kesimpulanbahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajarsiswa pada materi pokok teori kinetik gas di kelasXI semester II SMA Negeri 15 MedanT.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 221 |
Keywords: | Model; Discovery Learning; Diskusi; Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12661 |