Sari, Ayang Nita (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF TINGGI SISWA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II DI SMA MUHAMMADIYAH 8 KISARAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4112121004 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4112121004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
4112121004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4112121004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4112121004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4112121004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4112121004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4112121004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4112121004 BAB I.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
4112121004 BAB V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4112121004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kognitif tinggi siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi Suhu dan Kalor di kelas X Semester II di SMA Muhammadiyah 8 Kisaran.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester genap l SMA Muhammadiyah 8 Kisaran yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-1 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X-2 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 32 dan 31 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes uraian,jumlah soal 15 item yang telah divalidkan oleh validator. Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil pretes diperoleh kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Setelah perlakuan dalam pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes kelas eksperimen memiliki hasil yang lebih tinggi dibanding kelas kontrol dan diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh yakni hasil belajar kognitif tinggi siswa di kelas yang menerapkan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari kelas dengan menerapkan model pembelajaran konvensional pada materi suhu dan kalor di kelas X Semester II SMA Muhammadiyah 8 Kisaran tahun pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 193 |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Kognitif Tinggi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12660 |