Prasetiawati, Ageng (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X SMA NEGERI 1 KECAMATAN BINJAI T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4112121001 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4112121001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4112121001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4112121001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4112121001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4112121001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4112121001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4112121001DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4112121001 BAB I.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
4112121001 BAB V.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4112121001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi fluida statis di kelas X Semester II di SMAN 1 Kecamatan Binjai T.P. 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester genap SMAN 1 kecamatan binjai yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-1 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X-2 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 30 siswa yang ditentukan dengan teknik Claster Random Sampling, yaitu teknik pengambilan sample dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dan essay, jumlah soal pilihan berganda terdiri atas 20 item dan essay 10 item yang telah divalidkan oleh validator. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 22,17 dan kelas kontrol adalah 21,67, setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 76,33 dan kelas kontrol 69,00. Dari hasil uji hipotesis ANAVA Fhiung> Ftabel =(24,24)> (4,01) maka Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) dibandingkan model konvensional. Fhitung> Ftabel =7,75 >4,01 maka Ho ditolak, sehingga terdapat pengaruh berpikir kritis tinggi dan berpikir kritis rendah terhadap hasil belajar, Fhitung> Ftabel = Fhitung> Ftabel = 24,10 >4,01 maka Ho ditolak, sehingga terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis di kelas X semester II SMAN 1 kecamatan binjai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 192 |
Keywords: | Quasi Eksperimen; Pembelajaran Penemuan Terbimbing (guided discovery); Konvensional; Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12655 |