Hidayati, Afrini (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 TANJUNG PURA T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111121001 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4111121001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
4111121001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4111121001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4111121001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4111121001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4111121001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4111121001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4111121001 BAB I.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
4111121001 BAB V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
4111121001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Tanjung Pura T.P. 2014 / 2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test, Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari tiga kelas yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan Instrumen berupa Essay test sebanyak 9 soal. Tes hasil belajar di validkan oleh validator dan juga telah di validitas ramalan pada siswa kelas XI Ipa di SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat. Lembar penilaian observasi untuk mengukur sikap dan keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata sikap dan keterampilan masing-masing dalam kategori baik sedangkan di kelas kontrol rata-rata persentase perkembangan sikap termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Tanjung Pura T.P. 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 116 |
Keywords: | Model Problem Based Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12654 |