Harahap, Yuni Hartati (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI KELAS X-AK 1 SMK-BM PAB 3 MEDAN ESTATE. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113311049 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4113311049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
4113311049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4113311049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4113311049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
4113311049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4113311049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4113311049 DAFTRA DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4113311049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4113311049 BAB I.pdf - Published Version
Download (714kB) | Preview
4113311049 BAB V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4113311049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write pada materi Program Linear di kelas X- AK 1 SMK – BM PAB 3 Medan Estate T.A 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X- AK 1 SMK – BM PAB 3 Medan yang berjumlah 35 orang dan objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran Think-Talk-Write pada materi pokok Program Linear di kelas X- AK 1 SMK – BM PAB 3 Medan Estate T.A 2014/2015. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing – masing terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil dari PTK ini merupakan tindakan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes akhir kemampuan pemecahan masalah. Jumlah siswa yang telah mampu memecahkan masalah dari tes Awal yaitu 7 dari 35 orang siswa (20 %) dengan rata – rata kelas 48,63. Hasil analisis data pada siklus I setelah menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write menunujukkan jumlah siswa yang telah mampu memecahkan masalah I adalah 25 orang siswa (71,43%) , dengan rata – rata kelas 70,77 .Hasil analisis data pada siklus II dengan model pembelajaran Think-Talk-Write menunujukkan jumlah siswa yang yang telah mampu memecahkan masalah II adalah 30 orang siswa (85,71%). dengan rata – rata kelas 82,08 .Berdasarkan kriteria memecahkan masalah maka pembelajaran ini telah mencapai target kemampuan pemecahan masalah siswa berada pada kategori tinggi.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write, kemampuan pemecahan masalah siswa dapat meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan model pembelajaran Think-Talk-Write sebagai alternatif dalam pembelajaran dan selalu membuat latihan dan tes yang bertujuan lebih melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 121 |
Keywords: | Belajar;Program Linear;Pembelajaran Kooperatif |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12648 |