Sagala, Yani Everida (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TSTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET DI KELAS X IPA 3 SMA N 1 SIPAHUTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
4114111002 COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4114111002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
4114111002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4114111002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4114111002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4114111002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4114111002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4114111002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4114111002 BAB I.pdf - Published Version
Download (708kB) | Preview
4114111002 BAB V.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4114111002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswasetelah penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray(TSTS) pada materi barisan dan deret di Kelas X IPA 3 SMA N 1 Sipahutar. Jenispenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yangdilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIPA 3 SMAN 1 Sipahutar yang berjumlah 38 orang siswa. Objek penelitian iniadalah peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan modelpembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray (TSTS).Bentuk soal tes hasil belajar siswa adalah uraian, setiap siklus dilakukansatu kali tes hasil belajar. Sebelum menerapkan tindakan, siswa diberikan tesawal. Dari hasil tes awal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah,diperoleh 1 dari 38 siswa (2,63%) yang mencapai ketuntasan belajar klasikaldengan rata-rata 1,22. Setelah pemberian tindakan pada siklus I terdapat 5 dari 38siswa (13,16%) mencapai ketuntasan belajar siswa secara klasikal dengan nilairata-rata 1,99. Selanjutnya pada siklus II, subjek penelitian berkurang sebanyak 6orang siswa, sehingga jumlah subjek yang diberi tindakan menjadi sebanyak 32orang siswa. Dari pemberian tindakan pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasanbelajar siswa secara klasikal sebesar 75% atau 24 dari 32 orang siswa yang tuntasbelajar secara individu dengan nilai rata-rata 2,92.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapanmodel pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray (TSTS) dapatmeningkatkan hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret di kelas X IPA 3SMAN 1 Sipahutar Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 151 |
Keywords: | Hasil Belajar; Barisan dan Deret; Teknik TSTS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12646 |