Siahaan, Tio Lusi Rani (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP KEBUN BUKIT LIMA T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113111077 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4113111077 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
4113111077 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
4113111077 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4113111077 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4113111077 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4113111077 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4113111077 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4113111077 BAB I.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
4113111077 BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4113111077 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana hasil belajarmatematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaranDiscovery Learning dan (2) untuk mengetahui bagaimana hasil belajarmatematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensionalserta (3) untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang diajardengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lebih tinggidibandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajarankonvensional pada materi Kubus dan Balok di kelas VIII SMP Kebun Bukit Lima.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalahseluruh siswa kelas VIII SMP Kebun Bukit Lima Tahun Ajaran 2014/2015.Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang dipilih secara acak (randomsampling) yaitu kelas VIII-2 yang jumlah siswanya 24 sebagai kelas eksperimenyang diajarkan dengan model Discovery Learning dan kelas VIII-3 yang jumlahsiswanya 24 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajarankonvensional.Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas danhomogenitas data. Berdasarkan hasil analisis, pada kelas eksperimen diperolehrata-rata pretes 47,738 dan postes 72,077. Sedangkan pada kelas kontrol diperolehrata-rata pretes 48,095 dan postes 64,614.Dari perhitungan data Postest siswa diperoleh pada dk = 46 dan taraf nyatadan diperoleh dan. Karena maka ditolakdan diterima maka disimpulkan Hasil belajar matematika siswa yang diajardengan menggunakan Model Pembelajaran Disvovery Learning lebih tinggidibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar denganpembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Kebun Bukit Lima T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 155 |
Keywords: | Hasil Belajar; Discovery Learning; Konvensional; Kubus Dan Balok |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12644 |