Harahap, Rukiah (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DAN TIPE STAD DI KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113111069 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4113111069 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
4113111069 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
4113111069 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4113111069 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4113111069 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4113111069 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4113111069 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4113111069 BAB I.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
4113111069 BAB V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4113111069 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan tipe Students Team Achievement Division (STAD) di kelas VIII SMP N 35 Medan.Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan populasi seluruh siswa SMP N 35 Medan Tahun Ajaran 2014/2015, sebagai sampel diambil dua kelas secara acak yaitu satu sebagai kelas eksperimen I dan satu sebagai kelas eksperimen II. Kelas eksperimen I diberikan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas eksperimen II dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji statistik-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar (posttes) siswa di kelas eksperimen I sebesar 71,23, dan di kelas eksperimen II sebesar 60,17. Hasil perhitungan uji dua arah statistik-t diperoleh nilai thitung = 2,3592 dan ttabel = 1,994, thitung tidak berada dalam interval yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya berdasarkan perhitungan uji satu arah statistik-t diperoleh nilai thitung = 2,3592 dan ttabel = 1,6674, thitung > ttabel yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan tipe STAD dan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada tipe STAD di kelas VIII SMP N 35 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 092 |
Keywords: | hasil belajar; tgt; stad |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12640 |