Girsang, Kartika Purba (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP SANTA MARIA MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113111041 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4113111041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4113111041 KATA PENGATAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4113111041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4113111041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4113111041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4113111041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4113111041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4113111041 BAB I.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
4113111041 BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4113111041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VIII SMP Santa Maria Medan, dan (2) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model kooperatif tipe STAD di kelas VIII SMP Santa Maria Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Santa Maria Medan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development / R&D) dengan menggunakan pengembangan model 4-D (Four D Model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar validasi ahli, tes dan angket respon siswa. Teknik analisis data dalam pengembangan perangkat pembelajaran digunakan teknik analisis statistik deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa disimpulkan pada: (a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 87,87% dan (b) ketercapaian indikator berada pada kriteria keefektivan; (2) Respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD adalah positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 096 |
Keywords: | perangkat pembelajaran; model kooperatif tipe STAD; hasil belajar; kubus dan balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12617 |