Nasution, Febri Dahyana (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII MTS AMIN DARUSSALAM T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113311016 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4113311016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
4113311016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
4113311016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4113311016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4113311016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4113311016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
4113311016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4113311016 BAB I.pdf - Published Version
Download (709kB) | Preview
4113311016 BAB V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4113311016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan Pendekatan Open – Ended pada materi Kubus dan Balok di kelas VIII MTs Amin Darussalam Medan T.A 2014/2015 yang berjumlah 30 orang. Objek dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan matematis siswa melalui pendekatan Open-E nded pada materi Kubus dan Balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes kemampuan pemecahan masalah, dan lembar observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Sebelum diberikan, tes terlebih dahulu divalidkan ke validator.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan kemampuan pemecahan matematis siswa. Hal ini ditandai dengan rata-rata skor tes kemampuan pemecahan masalah matematika pada setiap aspek kemampuan memahami masalah pada siklus I ke siklus II meningkat, yaitu skor tes aspek kemampuan memahami masalah pada siklus I adalah 80,41%, kemudian meningkat menjadi 91,67% pada akhir siklus II. Skor tes kemampuan merencanakan pemecahan masalah dari 78,89% siklus I, meningkat menjadi 88,61% pada akhir siklus II. Skor tes kemampuan melaksanakan perencanaan masalah pada siklus I adalah 60,83%, kemudian meningkat menjadi 81,67% pada akhir siklus II. Skor tes kemampuan memeriksa hasil dari 51,25% pada siklus I, meningkat menjadi 76,67% pada siklus II. Rata-rata skor tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada siklus I yaitu 68,25% dan menunjukkan peningkatan pada tes siklus II menjadi 84,75% dengan kategori tinggi.
Berdasarkan hasil observasi, pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada siklus I sebesar 2,64 meningkat pada siklus II menjadi 3,55 dan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan observasi untuk siswa pada siklus I sebesar 2,4 meningkat pada siklus II menjadi 3,43.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan kemampuan pemecahan matematis siswa pada materi kubus dan balok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 164 |
Keywords: | kemampuan pemecahan masalah; open-ended |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 05:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12613 |