Simatupang, Arta Devi Lestari (2015) KORELASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA RK BINTANG TIMUR PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4112141001 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4112141001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
4112141001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
4112141001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
4112141001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4112141001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4112141001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4112141001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4112141001 BAB I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
4112141001 BAB V.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
4112141001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara strategi pembelajaranberbasis masalah dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar siswa padamateri pokok pencemaran lingkungan di kelas X IPA SMA RK Bintang TimurPematangsiantar Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitiankorelasional, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki secara terperincibagaimana korelasi antara strategi pembelajaran berbasis masalah dan motivasiberprestasi siswa terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh siswa kelas X IPA di SMA RK Bintang Timur Pematangsiantar yangberjumlah 134 siswa dan sampel yang diambil 80 orang dengan cara pemilihansampel yang telah ditentukan (Purposive sampling). Teknik pengumpulan datayang digunakan dengan menggunakan angket berstruktur dengan 4 option sebanyak30 butir, tes untuk strategi pembelajaran berbasis masalah sebanyak 5 soal, dan tesdengan 5 option sebanyak 25 soal.Teknik analisa yang digunakan adalah ujinormalitas, uji regresi linier, korelasi ganda, uji determinasi, dan uji hipotesis. Dariperhitungan koefisien korelasi diperoleh rx1y = , rx2y = , dan rx1x2y =dari pengujian korelasi ganda diperoleh Fhitung > Ftabel sehingga dapat disimpulkanbahwa terdapat korelasi positif dan berarti. Dengan kontribusi X1 dan X2 terhadapY sebesar . Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif danberarti antara strategi Pembelajaran berbasis masalah (X1) dan motivasi berprestasisiswa (X2) terhadap hasil belajar biologi (Y) pada materi pokok pencemaranlingkungan di kelas X IPA SMA RK Bintang Timur Pematangsiantar TahunPembelajaran 2014/2015 dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 102 |
Keywords: | Motivasi Berprestasi; strategi pembelajaran berbasis masalah; hasil belajar; korelasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 05:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12606 |