PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS VIII SMP AL HIDAYAH MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Satria, Eva (2015) PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS VIII SMP AL HIDAYAH MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4102111003  COVER.pdf]
Preview
Text
4102111003 COVER.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 4102111003  LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4102111003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[thumbnail of 4102111003  KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4102111003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 4102111003  ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4102111003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 4102111003  DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4102111003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 4102111003  DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4102111003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 4102111003  DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4102111003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 4102111003  DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4102111003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 4102111003  BAB I.pdf]
Preview
Text
4102111003 BAB I.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[thumbnail of 4102111003  BAB V.pdf]
Preview
Text
4102111003 BAB V.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 4102111003  DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4102111003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa pada materi fungsi di kelas VIII SMP Al Hidayah Medan T.A 2014/2015 dan untuk mengetahui apakah siswa yang memiliki kepercayaan diri dan memiliki hasil belajar baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al Hidayah MedanT.A 2014/2015 yang berjumlah 22 orang dan objek penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together untuk meningkatkan kepercayaan diri dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Al Hidayah Medan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, observasi, angket dan wawancara. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran, lembar observasi dan angket digunakan untuk melihat kepercayaan diri siswa dan wawancara digunakan untuk mendukung penggunaan model Cooperative Learning Tipe NHT. Sedangkan analisis data yang dilakukan di dalam penelitian adalah teknik/metode analisis. Penelitian ini dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan dilakukan observasi terhadap kepercayaan diri siswa dan observasi pembelajaran serta di akhir dari siklus diberikan tes hasil belajar. Dari siklus I diperoleh skor pengamatan kepercayaan diri siswa dalam kategori kurang baik begitu juga hasil angket yang menunjukkan belum adanya siswa di kategori tinggi sehingga belum memenuhi target peneliti, sedangkan di siklus II diperoleh skor pengamatan kepercayaan diri siswa dalam kategori baik serta angket juga menunjukkan hasil sudah ada siswa di kategori tinggi dan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi menunjukkan bahwa proses pembelajaran berlangsung dengan baik yaitu dari hasil observasi di siklus I mencapai 69,11% dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi 80,2% dengan kategori baik. Pada tes hasil belajar I dari 22 orang siswa sebanyak 10 siswa (45,5%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 12 siswa lainnya (54,5%) belum tuntas. Pada tes hasil belajar II, sebanyak 19 orang (86,4% ) telah mencapai ketuntasan belajar dan 3 orang siswa lainnya (13,6%) tidak tuntas. Karena hasil pengamatan kepercayaan diri siswa serta angket mengalami peningkatan dan ketuntasan belajar klasikal telah tercapai maka pelaksanaan tindakan berhenti di siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together dapat meningkatakan kepercayaan diri dan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Al Hidayah Medan T.A 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 MAT 143
Keywords: Kepercayaan Diri; Hasil Belajar; Pembelajaran Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 29 Aug 2016 04:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12598

Actions (login required)

View Item
View Item