Yuliawati, Susheila (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PRAKTIKUM DENGAN MEDIA POWER POINT PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN BERFIKIR KRITIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113131075 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4113131075 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
4113131075 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4113131075 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4113131075 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
4113131075 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4113131075 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4113131075 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
4113131075 BAB I.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
4113131075 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4113131075 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan model Problem Based Learning (PBL) berbasis praktikum dengan menggunakan media Powerpoint lebih tinggi dibandingkan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Instruksi Langsung menggunakan media Powerpoint pada materi larutan asam basa, dan apakah ada korelasi positif antara peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa dengan peningkatan hasil belajar siswa yang diterapkan dengan model Problem Based Learning (PBL) berbasis praktikum dengan menggunakan media Powerpoint serta seberapa besar kontribusinya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA N 1 Kecamatan Binjai, yang berjumlah 3 kelas sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak/random sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Data yang diamati berupa peningkatan hasil belajar siswa dan kemampuan berfikir krtitis siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif berupa soal pilihan berganda berjumlah 21 soal yang telah diuji dengan validitas tes, tingkat kesukaran, daya beda, distruktor, dan reliabilitas tes, serta instrumen non tes berupa lembar observasi berfikir kritis. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t pihak kanan dan uji korelasi. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 dan kriteria thitung â
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 147 |
Keywords: | Model Problem Based Learning; Motode Praktikum; Media Powerpoint; Berfikir Kritis; Larutan Asam Basa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12592 |