Tobing, Lolya (2015) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MAKE A MATCH (MAM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 6 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113141046 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4113141046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
4113141046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4113141046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4113141046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
4113141046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4113141046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4113141046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4113141046 BAB I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
4113141046 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4113141046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think-Pair-Share (TPS) dan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (MaM) pada materi Ekosistem di kelas X SMA Negeri 6 Medan Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yang berbeda. Masing-masing berjumlah 37 orang sehingga total sampel 74 siswa. Pada kelas X-1 dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan pada kelas X-3 dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (MaM). Untuk mengetahui hipotesis yang dirumuskan digunakan uji statistic t. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata pre tes kelas Think Pair Share (TPS) sebesar 45, 18 dan nilai rata-rata pre tes kelas Make a Match (MaM) sebesar 48,10. Sedangkan nilai pos tes yang di dapat pada kelas Think Pair Share (TPS) sebesar 83,67 dan nilai rata-rata pos tes pada kelas Make a Match (MaM) sebesar 76,21. Dengan demikian hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (MaM). Uji hipotesis menunjukkan thitung pada dk = 72 dengan taraf α = 0,05 diperoleh 4,46 dan ttabel pada dk = 72 dan taraf α = 0,05 diperoleh 1,66. Oleh karena thitung > ttabel maka hipotesis Ha diterima yang artinya ada perbedaan model pembelajaran tipe Think-Pair-Share (TPS) dan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (MaM) terhadap hasil belajar siswa pada materi Ekosistem di kelas X SMA Negeri 6 Medan Tahun Pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 061 |
Keywords: | Think Pair Share (TPS);Make a Match (MaM);hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12586 |