Pasaribu, Zuraida Hidayani (2014) PENGARUH MACROMEDIA FLASH DAN PETA KONSEP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP DISIPLIN SISWA SMA KELAS X PADA MATERI STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
409331060 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
409331060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
409331060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409331060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
409331060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
409331060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
409331060 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
409331060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
409331060 BAB I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
409331060 BAB V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
409331060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh macromedia flash dan peta konsep menggunakan model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar dan sikap disiplin siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Al Azhar Medan yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random) dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas yaitu kelas pertama (XD) sebagai kelas eksperimen I dan kelas kedua (XA) sebagai kelas eksperimen II. Sampel penelitian kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II masing-masing berjumlah 25 orang dan 24 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 18 soal. Kelas eksperimen I diberikan perlakuan dengan model pembelajaran problem based learning media macromedia flash dan kelas eksperimen II diberikan perlakuan dengan model pembelajaran problem based learning media peta konsep. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen I 22,96 dengan standar deviasi 10,073 dan nilai rata-rata post-test adalah 58,84 dengan standar devasi 12,435 sedangkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen II sebesar 21,95 dengan standar deviasi 12,467 dan nilai rata-rata post-test adalah 45,08 dengan standar devasi 16,591. Pada pengujian normalitas kelas eksperimen I diperoleh χ2hitung = 4,818 dan χ2tabel = 7,815, untuk kelas eksperimen II dengan χ2hitung= 4,91 dan χ2tabel = 5,591sehingga diperoleh χ2hitung <χ2tabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,531 dan Ftabel = 1,99 sehingga Fhitung< Ftabel, maka kedua sampel homogen. Peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen I lebih besar dari pada hasil belajar kimia kelas eksperimen II, yaitu 50,5% dan 30,5% dengan rata-rata nilai keseluruhan kedisiplinan belajar siswa kelas eksperimen I adalah 82,52 dan kelas eksperimen II adalah 78,91. Hasil uji t diperoleh thitung = 1,833 dan ttabel = 1,677, sehingga thitung> ttabel (1,833> 1,677) maka Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran macromedia flash dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan media pembelajaran peta konsep dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar dan sikap disiplin siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 4541.240 71 Pas p |
Keywords: | Belajar Kimia; Pendidikan Karakter; Problem Based Learning |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 01:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12548 |