Gultom, Hotriris (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK- PAIR- SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP SWASTA BRIGJEND KATAMSO T.A 2014/ 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113311023 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4113311023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
4113311023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
4113311023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4113311023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4113311023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4113311023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4113311023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4113311023 BAB I.pdf - Published Version
Download (621kB) | Preview
4113311023 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4113311023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think- Pair- Share (TPS). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMP Swasta Brigjend Katamso tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 35 orang dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Cara pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan tes. Dari hasil tes awal diperoleh 3 orang siswa yang tuntas, ketuntasan klasikal 8,57%, dengan rata-rata nilai tes 41,14, kategori kemampuan pemecahan masalah sangat rendah. Dari hasil tes kemampuan masalah I diperoleh bahwa siswa yang tuntas ada 23 orang siswa (65,71%) dengan rata-rata nilai tes 70,28, kategori kemampuan pemecahan masalah sedang. Ketuntasan klasikal meningkat 57,14% dari hasil tes awal. Rata-rata nilai tes siswa meningkat 29,14 dari tes awal. Dari hasil tes kemampuan masalah II diperoleh bahwa siswa yang tuntas 31 siswa (88,57%) dengan rata-rata nilai tes 82,28, kategori kemampuan pemecahan masalah tinggi. Ketuntasan klasikal meningkat 22,86% dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah I. Rata-rata nilai tes meningkat 12. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think- Pair- Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 109 |
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah; Kooperatif Tipe Think - Pair - Share |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12525 |