Putri, Trisna Utami (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS NEGERI BANDAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113111078 COVER.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
4113111078 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4113111078 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
4113111078 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4113111078 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4113111078 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4113111078 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4113111078 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4113111078 BAB I.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
4113111078 BAB V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4113111078 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B MTs Negeri Bandar T.A 2014/2015 yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus 1 adalah 54,93 atau tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa termasuk dalam kriteria rendah dengan 25 siswa atau 69,44% dari keseluruhan siswa telah mencapai ketuntasan belajar dan pada siklus 2 nilai rata-rata siswa adalah 78,54 atau tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa termasuk dalam kriteria sedang dimana banyak siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 31 orang atau 86,11% dari seluruh siswa. Berdasarkan nilai rata-rata siswa pada siklus 2 disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan. Dari hasil pengamatan, pembelajaran matematika pada materi aritmatika sosial dengan metode pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving di kelas VII MTs Negeri Bandar terlaksana dengan baik.Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan metode Think Aloud Pair Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs Negeri Bandar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 127 |
Keywords: | - |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12510 |