Astuti, Ririn Dwi (2015) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PEGAJAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113141069 COVER.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4113141069 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4113141069 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4113141069 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4113141069 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4113141069 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4113141069 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4113141069 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4113141069 BAB I.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4113141069 BAB V.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4113141069 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran besarnya persentase siswa yang mengalami miskonsepsi pada konsep sistem pencernaan makanan pada manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pegajahan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pegajahan yang berjumlah 78 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling sebanyak 50% dari jumlah populasi. Jumlah sampel adalah 39 orang. Materi yang digunakan untuk menganalisis miskonsepsi merupakan konsep yang telah dipelajari, yaitu konsep sistem pencernaan makanan pada manusia. Instrumen yang digunakan adalah peta konsep acuan. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pegajahan telah terjadi miskonsepsi pada konsep sistem pencernaan makanan pada manusia sebesar 16,7% dan tidak tahu konsep sebesar 43,3%, sehingga siswa yang tahu konsep hanya sebesar 40%. Kondisi yang dialami siswa tersebut menuntut adanya upaya untuk menanggulangi miskonsepsi yang terjadi pada siswa karena jika terus dibiarkan akan terus terjadi dan dapat mengganggu pemahaman konsep siswa selanjutnya yang terkadang masih berkaitan antar konsep tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 068 |
Keywords: | Miskonsepsi; peta konsep; konsep sistem pencernaan makanan pada manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12509 |