Sembiring, Sri Datita (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 12 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111141019 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4111141019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4111141019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4111141019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4111141019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
4111141019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4111141019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4111141019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4111141019 BAB I.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4111141019 BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4111141019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Project Based Learning pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 12 Medan tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 12 Medan tahun pembelajaran 20114/2015, yaitu sebanyak 8 kelas dengan jumlah siswa seluruhnya sebanyak 364 siswa. Sampel diambil secara acak (random sampling) sebanyak dua kelas yaitu kelas X4 sebagai kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas X2 yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning yang masing-masing kelas berjumlah 43 orang siswa, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 86 siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning adalah 79,6 dengan standar deviasi 8,43, sedangkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning adalah 81,93 dengan standar deviasi 9,04. Meskipun hasil belajar berbeda, namun hasil uji-t pada taraf α = 0,05 menunjukan tidak ada perbedaan signifikan dimana thitung terletak antara ttabel atau masih dalam daerah penerimaan H0 (-1,992 < 1,246 < 1,992) yang berarti tidak ada perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Project Based Learning pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 12 Medan tahun pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 097 |
Keywords: | Problem based learning; Project based learning; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12501 |