PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA BANGUN DATAR SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP SWASTA BRIGJEND KATAMSO MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Sinaga, Santa Angelasari (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA BANGUN DATAR SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP SWASTA BRIGJEND KATAMSO MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4113311043 COVER.pdf]
Preview
Text
4113311043 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 4113311043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4113311043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 4113311043 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4113311043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 4113311043 ABSTAK.pdf]
Preview
Text
4113311043 ABSTAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 4113311043 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4113311043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 4113311043 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4113311043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 4113311043 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4113311043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 4113311043 DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
4113311043 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 4113311043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4113311043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 4113311043 BAB I.pdf]
Preview
Text
4113311043 BAB I.pdf - Published Version

Download (642kB) | Preview
[thumbnail of 4113311043 BAB V.pdf]
Preview
Text
4113311043 BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 4113311043 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4113311043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan scientific learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi Bangun Datar Segiempat di Kelas VII-5 SMP Swasta Brigjend Katamso Medan.Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika pada siklus I dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada siklus II. Tes hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berbentuk uraian yaitu pada siklus I sebanyak 5 soal dan pada siklus II sebanyak 5 soal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes awal sampai tes kemampuan pemecahan masalah siswa. Banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan pemecahan masalah dari tes awal yaitu 10 siswa dari 35 siswa atau 28,57% dengan rata-rata kelas 1,93. Hasil analisis data pada siklus I setelah diberikan tindakan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan scientific learning menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan pemecahan masalah adalah 24 siswa dari 35 siswa atau 68,57% dengan rata-rata kelas 2,90. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyak siswa yang mencapai ketuntasan pemecahan masalah yaitu 33 siswa dari 35 siswa atau 94,28% dengan rata-rata kelas 3,38. Ini berarti terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dari siklus I hingga siklus II sebesar 25,71%. Penelitian ini juga disimpulkan berhasil apabila diperoleh peningkatan pengelolaan dan pelaksanaan pembelajaran yaitu diperoleh 2,62 (kategori baik) pada siklus I meningkat menjadi 3,00 (kategori baik) pada siklus II dan peningkatan hasil observasi siswa yaitu diperoleh 2,19 (kategori cukup baik) pada siklus I menjadi 3,27 (kategori baik) pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan scientific learning, kemampuan pemecahan masalah siswa khususnya pada materi Bangun Datar Segiempat kelas VII-5 SMP Swasta Brigjend Katamso Medan adalah meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 MAT 146
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah; Scientific Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 25 Aug 2016 01:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12488

Actions (login required)

View Item
View Item