Hasibuan, Siti Maijar (2015) PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113331042 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4113331042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
4113331042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4113331042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
4113331042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4113331042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4113331042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4113331042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4113331042 BAB I.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
4113331042 BAB V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4113331042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran melalui Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan Sistem Koloid. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam T.A. 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelaa XI SMA Negeri 2 Lubuk Pakam yang terdiri dari 4 kelas. Dari populasi ini diambil dua kelas yang ditentukan dengan cara purposif, yaitu kelas eksperimen XI IPA1 dan kelas Kontrol XI IPA2. Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberikan pengajaran melalui Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK), sedangkan kelas kontrol diberikan pengajaran melalui model Konvensional. Hasil data post-tes menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 85.29 + 5.35, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 79.8 + 5.29. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung = 4.26 dan pada taraf singnifikansi α = 0,05 dengan dk = 66 diperoleh ttabel = 1.66. Karena thitung > ttabel maka thitung berada pada daerah penerimaan Ha. Hal ini berarti bahwa pembelajaran melalui Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) lebih baik dari pada pembelajaran melalui model Konvensional. Pembelajaran melalui Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa sebesar 14 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 132 |
Keywords: | Model Mengajar; M3PK; Hasil Belajar; Sistem Koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12471 |