Rahmi (2015) PERBEDAAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUKAN MEDIA MOLYMOD DAN ISIS DRAW PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
4112131012 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4112131012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4112131012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4112131012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4112131012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4112131012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4112131012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4112131012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4112131012 BAB I.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
4112131012BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4112131012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sikap ilmiah (kemampuan berpikir kritis dan sikap kerjasama) dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantukan media molymod dan isis draw pada pokok bahasan hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri tahun ajaran 2014/2015 kurikulum KTSP, karena keterbatasan peneliti maka sampel yang diambil untuk pelaksanaan penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Medan yang terdiri dari 6 Kelas IPA dan setiap kelas berjumlah 35 Orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yakni satu kelas merupakan kelas eksperimen I dan satu kelas sebagai kelas eksperimen II dengan rata-rat siswa per-kelas adalah 35 siswa. Sampel siswa diambil sebanyak 32 orang siswa berdasarkan kehomogenan nilai pretest. Pada kelas eksperimen I dibelajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media molymod dan instrument kelas eksperimen II dibelajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media isis draw. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri insrumen tes dan nontes. Dimana instrumen tes yang digunakan untuk melihat hasil belajar siswa berupa tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan instrumen nontes yaitu untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan sikap kerjasama dalam bentuk observasi oleh observer. Sebagai prasyarat uji hipotesis hasil belajar dan sikap ilmiah siswa kedua kelompok sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh kedua kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji dua pihak. Untuk uji hipotesis kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh thitung = 2,29 sedangkan ttabel = 1,9994 untuk α = 0.05 dan dk = 62. Untuk uji hipotesis sikap kerjasama diperoleh thitung = 3,46 sedangkan ttabel = 1,9994 untuk α = 0.05 dan dk = 62 thitung. Untuk uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung = 2,93 sedangkan ttabel = 1,9994 untuk α = 0.05 dan dk = 62. Dengan demikian thitung > 1,9994 maka uji hipotesis kemampuan berpikir kritis, sikap kerjasama dan hasil belajar siswa terima Ha dan tolak Ho. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantukan media molymod dan isis draw pada pokok bahasan hidrokarbon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 141 |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Berbasis Masalah; Media Molymod Dan Isis draw; Hidrokarbon |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12467 |