Siagian, Iwang Meizarase (2015) PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION MELALUI E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SUB MATERI POKOK INVERTEBRATA DI KELAS X SMA NEGERI 1 PANTAI CERMIN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113341023 COVER.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4113341023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4113341023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4113341023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4113341023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4113341023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4113341023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4113341023 BAB I.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4113341023 BAB V.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
4113341023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pelajaran Biologi terutama pada sub materi pokok invertebrata menggunakan model group investigation dan tanpa menggunakan model pembelajaran, juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model group investigation terhadap kemampuan siswa pada sub materi pokok invertebrata pada kelas X SMA N 1 Pantai Cermin Tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 79 orang siswa yang tersebar dalam 2 kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 79 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, kelas X MIA-1 berjumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA-2 berjumlah 39 siswa sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain post-test dan instrumen pilihan berganda. Kelas eksperimen diberi perlakuan model group investigation melalui e-learning dan kelas kontrol tnap diberi perlakuan. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata postest pada kelas eksperimen sebesar 77,02 dengan satandar deviasi 12,33, dan nilai rata-rata postest pada kelas kontrol sebesar 61,6 dengan standar deviasi 12,77. Hasil pengujian hipotesis pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α 0,05 dimana thitung > ttabel (5,495 > 1,665) yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima dan H0 ditolak.. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Group investigation melalui e-learning dan hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran pada sub materi pokok invertebrata di kelas X SMA Pantai Cermin T.P. 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 143 |
Keywords: | Model Group Investigation ; E-Learning ; Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12460 |