Nadeak, Helen (2015) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP BIOLOGI PADA MATERI INVERTEBRATA DI KELAS X SMA SWASTA KATOLIK BUDI MURNI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113141035 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4113141035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4113141035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4113141035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4113141035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4113141035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
41131410835 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4113141035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4113141035 BAB I.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4113141035 BAB V.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4113141035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi invertebrata dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta katolik Budi Murni 3 Medan. Jumlah populasi adalah 45 orang. Sampel diambil dengan teknik total sampel yaitu mengambil seluruh populasi siswa yang ada. Teknik pengambilan data adalah dengan menggunakan tes diagnostik dan angket. Hasil dari penelitian ini setelah dilakukan analisis adalah : (1) Persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif yaitu aspek pengetahuan (C1) adalah 31,85% termasuk kategori kesulitan belajar sedang, pemahaman (C2) adalah 36,4% termasuk kategori kesulitan belajar tinggi, aplikasi (C3) adalah 40% termasuk kategori kesulitan belajar tinggi, analisis (C4) adalah 46,4% termasuk kategori kesulitan belajar sangat tinggi, sintesis atau evaluasi (C5) adalah 54,4% termasuk kategori kesulitan belajar sangat tinggi dan kreasi (C6) adalah 54,08% termasuk kategori kesulitan belajar sangat tinggi, (2) Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa adalah faktor lingkungan keluarga dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,584 dan memiliki korelasi yang signifikan dengan rhitung sebesar 4,7171.Kata kunci : kesulitan belajar siswa, aspek kognitif, aspek indikator
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 115 |
Keywords: | kesulitan belajar siswa; aspek kognitif; aspek indikator |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12452 |