Simatupang, Kristina Rosiana (2015) HUBUNGAN KUALITAS PENCATATAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) DENGAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 DOLOK PANRIBUAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4112141010 COVER.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4112141010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4112141010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
4112141010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4112141010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4112141010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
4112141010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
4112141010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
4112141010 BAB I.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4112141010 BAB V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4112141010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kualitas pencatatan peta pikiran (mind map) dengan aktivitas dan hasil belajar siswa; (2) kontribusi kualitas pencatatan peta pikiran (mind map) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Dolok Panribuan T.P 2014/2015. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Dolok Panribuan semester II tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 4 kelas. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas yaitu kelas XI IPA 2 yang terdiri dari 34 orang. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar adalah tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal yang valid dari 50 soal. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Uji normalitas menggunakan uji Liliofers sedangkan uji homogenitas digunakan uji Bartlet. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan ANAVA satu jalur dengan α = 0,05. Dari hasil perhitungan uji hipotesis penelitian diperoleh untuk Ha1 thitung = 4,712, dan ttabel =1,693. Nilai thitung > ttabel. Artinya bahwa antara kualitas pencatatan peta pikiran (mind map) dengan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA N 1 Dolok Panribuan ada hubungan yang signifikan. Untuk Ha2 thitung = 6,555, dan ttabel =1,693. Nilai thitung > ttabel. Artinya bahwa antara kualitas pencatatan peta pikiran (mind map) dengan aktivitas belajar siswa kelas XI IPA SMA N 1 Dolok Panribuan ada hubungan yang signifikan. Kontribusi kualitas pencatatan peta pikiran (mind map) dengan hasil belajar siswa kelas XI sebesar 40,9% dan untuk aktivitas belajar sebesar 57,3%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan: (1) Ada hubungan yang signifikan antara kualitas pencatatan peta pikiran (mind map) dengan hasil belajar siswa kelas XI. (2) Ada hubungan yang signifikan antara kualitas pencatatan peta pikiran (mind map) dengan aktivitas belajar siswa kelas XI. (3) Kontribusi kualitas pencatatan peta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA SMA N 1 Dolok Panribuan yaitu sebesar 40,9%. (4) Kontribusi kualitas pencatatan peta pikiran terhadap aktivitas belajar siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA SMA N 1 Dolok Panribuan yaitu sebesar 57,3%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 144 |
Keywords: | Peta Pikiran; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Sistem Ekskresi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12446 |