Nopianty, Eka Rezki (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN ALAT PERAGA SECARA KELOMPOK DAN SECARA INDIVIDU PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 15 MEDAN T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113111024 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4113111024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4113111024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4113111024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
4113111024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4113111024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
4113111024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
4113111024 BAB V.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
4113111024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
4113111024 DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4113111024 BAB I.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri berbantuan alat peraga secara kelompok lebih tinggi daripada secara individu pada materi Prisma dan Limas di kelas VIII SMP Negeri 15 Medan T.A. 2014/2015.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri 15 Medan T.A. 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas masing-masing 28 orang siswa pada kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran Inkuiri secara kelompok dan pada kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran inkuiri secara individu.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan memberikan pretest diawal kemudian diberikan perlakuan pada kelompok sampel penelitian. Setelah diberi perlakuan kemudian diberikan postes. Sebagai alat pengumpul data digunakan instrumen tes dalam bentuk tes uraian, yaitu untuk soal pretes dan postes masing-masing sebanyak 4 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli.Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen.Dari analisa data postes kemampuan komunikasi matematik siswa dengan menggunakan uji-t pada taraf � = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,580 > 1,673 sehingga untuk uji hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri secara kelompok lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri secara individu pada materi Prisma dan Limas di kelas VIII SMP Negeri 15 Medan T.A. 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 131 |
Keywords: | - |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12445 |