Elda, Anting Pra (2015) UPAYA MENINGAKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BADIRI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103311007 COVER.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4103311007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4103311007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4103311007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
4103311007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4103311007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
4103311007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
4103311007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4103311007 BAB I.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
4103311007 BAB V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4103311007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Badiri.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Badiri yang berjumlah 42 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning di kelas VIII SMP Negeri 1 Badiri. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana diakhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika.Berdasarkan hasil tes diagnostik diketahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sangat rendah dengan nilai rata-rata kelas 10,24. Setelah memberikan tindakan pada siklus I, hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I terdapat 76% atau 32 orang siswa dari keseluruhan siswa yang mengikuti tes telah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika kategori sedang dengan rata-rata 30,19. Selanjutnya, pada siklus II terdapat 88% atau 37 orang siswa yang mengikuti tes telah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika kategori tinggi dengan rata-rata 30,45. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kelas tersebut telah mencapai 85% dari jumlah siswa yang memperoleh kemampuan pemecahan masalah minimal kategori sedang.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Badiri pada materi kubus dan balok dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning sehingga dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 125 |
Keywords: | Pemecahan Masalah; Discovery Learning |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12440 |