Batubara, Sri Ayu Rezeki (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113131073 COVER.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4113131073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4113131073 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4113131073 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4113131073 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4113131073 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4113131073 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4113131073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
4113131073 BAB I.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4113131073 BAB V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4113131073 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa dengan model Guided Dicovery Learning berbasis Lesson Study lebih tinggi dari pada peningkatan hasil belajar siswa dengan model Direct Intruction pada materi pokok Larutan elektrolit dan nonelektrolit dan untuk mengetahui aspek kognitif manakah yang paling berkembang melalui pembelajaran model Guided Dicovery Learning berbasis Lesson Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Swasta Cerdas Murni yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara purposif, 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Instrumen adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal yang valid dengan tingkat reliabel 0,914. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Guided Discovery Learning berbasis Lesson Study dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Direct Intruction. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 42,94 dan nilai rata-rata posttest 81,91 sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 40,44 dan nilai rata-rata posttest adalah 75,58. Gain ternormalisasi kimia siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar kimia kelas kontrol, yaitu 67,13% dan 58,66%. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat data yaitu menggunakan uji normalitas data menggunakan uji chi kuadrat diperoleh pada Gain kelas eksperimen Ï
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 131 |
Keywords: | Guied Discovery Learning; Lesson Study; Larutan Elektroit Dan Non Elektroid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12435 |